Cara Menulis Flash Fiction Agar Menang Lomba

Cara menang lomba menulis berikut ditulis oleh Ayna Wardani bersumber dari annida-online.com. Kami membagikannya di sini dan semoga penulisnya ikhlas, agar karyanya semakin bermanfaat karena lebih banyak dibaca.

Jika sebelumnya kami menulis tentang tips menang lomba menulis secara umum, maka di sini Ayna cuma membahas tips dan strategi membuat flash fiction yang bagus agar bisa menang lomba.

Mari kita simak penjelasa Ayna Wardani berikut, judul aslinya:

Tips Agar Menang Lomba Menulis Flash Fiction

cara menulis fhash fiction

Tips Membuat Dialog yang Menarik

  • Hilangkan keterangan dialog yang tidak perlu

    Deskripsi dan narasi yang efektif

    Deskripsi mengenai tempat, waktu, emosi, bisa kita minimalisir dan kita efektifkan ke dalam narasi.Ingat, tidak semua hal harus kita katakan pada pembaca. Beri ruang pada pembaca untuk memvisualkan narasi yang kita buat sesuai khayalannya seolah-olah ia sedang menonton sebuah sinema. Show, don’t tell! Begitu kata Rusdianto, penulis flash fiction di indonovel.com.

  • Susunlah dialog yang padat dan tidak bertele-tele.

  • Hilangkan dialog yang tidak perlu dan tidak membawa cerita berjalan maju.

  • Beri ending yang mengejutkanDalam perjamuan makan malam, ending ibarat dessert atau makanan penutup. Bila tak cukup istimewa, maka bersiaplah dessert akan teronggok begitu saja. Ditinggalkan utuh dengan wajah kecewa. Koki (baca : penulis) tentu tak ingin membuat tamunya (baca : pembaca) kecewa, bukan? Maka sajikanlah penutup yang memuaskan mereka. Berikanlah ending yang surprising(mengejutkan).Ending yang mengejutkan haruslah seiring dengan cerita. Jangan sampai ending malah meruntuhkan jalan cerita apik yang sudah disusun sebelumnya. Misalnya kamu membuat flash fiction tentang Rian yang mencoba berhenti merokok. Tiba-tiba endingnya malah kejadian Rian dipukuli massa karena mencuri jemuran. Nah lho, surprise sih. Tapi surprise yang membuat jidat berkerut-kerut.Jadi, selain mengejutkan, ending harus menjadi satu kesatuan dengan cerita yang sudah dibuat dan merupakan resolusi dari konflik yang disajikan.Dalam cerita humor, bagian lucunya, biasanya ada di bagian akhir bukan? Seperti itulah kira-kira ending yang menarik.

*Akan dimuat dalam buku Cara Asyik Menulis Flash Fiction (sedang dalam proses penerbitan)

Demikian cara menulis fhash fiction yang bagus agar bisa menang lomba. Semoga bermanfaat

Add Comment

Dapatkan Tips Keren Lainnya!

Langganan Info Gratis Ke Email Anda!