Menemukan Ribuan Peluang Menjadi Penulis Freelance

No comment 1419 views
lowongan penulis freelance

Penulis Freelance – Mulai lagi saya ingin berbagi dengan pembaca sekalian. Saya tahu, anda yang membaca tulisan ini pastilah punya seorang penulis, atau paling tidak orang yang ingin menjadi penulis. Ada banyak manfaat dari aktivitas menulis, anda sudah tahu dan mungkin sudah merasakannya. Manfaat tersebut bisa dibagi menjadi manfaat ekonomi, manfaat sosial, dan manfaat psikologi. Anda mungkin ingin juga menambahkan manfaat lainnya, silahkan saja.

Oke, saya cuma ingin berbagi seputar berbagai peluang menjadi penulis freelance atau penulis lepas. Tentu ditinjau dari manfaat segi ekonomi. Benar, uang memang bukan segala-galanya. Berapa pun penghasilan seorang penulis, pada akhirnya juga tidak di bawa mati. Andrea Hirata atau Ahmad Fuadi, adalah dua contoh orang yang dapat sukses menjadi seorang penulis. Sebut pula Dee atau Dewi Lestari (penulis novel Supernova yang masyhur). Atau anda tentu kenal dengan penulis Harry Potter yang konon dinobatnya sebagai salah satu orang terkaya di Inggris. Mereka adalah bagian atau contoh dari penulis freelance yang berhasil.

Kenapa saya katakan mereka termasuk penulis freelance. Karena pada dasarnya penulis freelance adalah penulis yang tidak terikat dengan apapun. Ia bisa menulis apa saja, kapan saja, dan dengan itu ia mendapatkan bayaran. Saya percaya, orang-orang yang saya sebutkan, pada mulanya adalah orang-orang yang menulis tanpa tekanan, bukan pesanan dari penerbit, meski mungkin mereka tetap memperhatikan sisi pasar ketika menulis. Mungkin saja. dan saya kira itu tidak ada salahnya. Meskipun mungkin ada beberapa penulis yang benar-benar tidak peduli dengan pasar yang genit dan suka ganti warna rambut atau berubah-ubah.

Berikut adalah beberapa peluang yang sebenarnya tidak mencapai 1000 jenis, tetapi perusahaan, atau orang yang mebutuhkan tulisan kita tentu lebih dari itu.

1. Menjadi penulis freelance buku

2. Penulis artikel (cerpen, puisi, opini, esai) di media cetak (koran, majalah, dan tabloid)

3. Menjadi penulis lepas Online (pesanan atau blog pribadi)

Hanya tiga, tapi tiga bisa menjadi ribuan. Mari kita simak

Menjadi Penulis Freelance Buku

Ribuan penerbit membutuhkan naskah buku. Mereka tidak menulis buku sendiri untuk diterbitkan sendiri. Tapi butuh penulis untuk membantu. Buku tidak hanya satu jenis. Ada puluhan atau bahkan ratusan genri buku. Mulai dari segmen buku anak, buku remaja, dewasa, mahasiswa, pelajar, dan lainnya. Segmen pembaca tersebut bisa dipecah lagi, buku fiksi anak, non-fiksi anak. Non Fiksi bisa dipecah lagi, menjadi buku non fiksi populer, non fiksi ilmiah, dan lain sebagainya. Mungkin saya agak ngawur. Tapi yang jelas, ribuan naskah setiap minggu diterbitkan menjadi sebuah buku. Peluang menjadi seorang penuls freelance dengan menulis buku sangat besar dan terus terbuka sepanjang jaman, meski buku-buku sekarang sudah mulai bereser menjadi digital.

Anda bisa membaca daftar alamat dan email penerbit di di indonesia lengkap. Anda bisa menghubungi mereka untuk mengetahui buku jenis apa yang mereka kehendaki. Apaah cocok dengan naskah buku anda. Jika anda punya tulisa bagus seputar masalah-masalah keislaman, anda bisa masukkan itu ke penerbit yang biasa menerbitkan buku Islam. Tapi anda harus tahu ciri-ciri penerbit yang cocok untuk naskah anda. Lihat di sini: Ciri Khas Penerbit Buku Islam

Penghasilan menjadi penulis freelance buku sangat bagus, dan bisa pula dikatakan fanfastis apabila buku anda menjadi buku best seller. Rata-rata penerbit memberikan royalty sekitar 5-10 persen dan mungkin ada yang lebih. Jika buku anda dicetak 5000 eksemplar dan buku anda dijual Rp. 50 ribu (bruto) maka tinggal di kalikan saja, Rp. 50.000 x 10% = Rp. 5000. Tinggal dikalikan dengan jumlah cetakan, Rp. 5000 x 5000 eks = 25 Juta. Coba bayangkan (sementara bayangkan saja, gratis kok) buku anda cetak ulang 10 kali, maka uang yang akan anda dapat sebagai penulis freelance adalah Rp. 250.000.0000. Banyak banget nolnya ya? Tidak heran jika Andrea Hirata memilih pensiun sebagai pegawai telkom karena semua bukunya sudah dicetak puluhan kali.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menjadi penulis buku freelance? Cobalah! Kalau toh tidak ada penerbit yang mau menerimanya, anda dapat kok menerbitkannya sendiri, keuntungannya juga tidak kalah oke lho. Silahkan baca: PerkiraanModal dan Keuntungan Menerbitkan buku sendiri.

Itu saya dulu ya sementara. Besok atau lusa semoga bisa kembali jumpa untuk lebih jauh membicarakan Lowongan kerja penulis freelance di media cetak (bagaimana kiat rahasianya) dan menulis penulis lepas online yang sangat banyak peluangnya. (Y)