Lowongan Penulis Naskah Skenario FTV 2014

No comment 3938 views
Lowongan Penulis Skenario – Anda mungkin kerap nonton televisi atau suka menyaksikan film. Nah, mungkin anda kerap kesal dengan tayangan-tayangan yang tidak bermutu, punya cerita yang buruk, dan tidak mendidik. Dari pada protes melulu kenapa anda tidak mencoba untuk berperan dalam dunia perfilman, salah satunya adalah dengan menjadi penulis skenario.

Memang, banyak orang punya mimpi untuk bisa bekerja menjadi penulis skenario. Tapi apakah mampu? Soal mampu atau tidak sebenarnya sih tergantung usaha. Siapa yang bersungguh-sungguh pasti mampu. Betul? Cie… Baiklah, kali ini lowongan menulis akan berbagai seputar lowongan kerja penulis skenario.

Khusus untuk posting ini kita akan bahas tentang lowongan penulis skenario FTV. Apa saja syarat dan bagaimana tata cara untuk bisa bergabung menjadi penulis skenario FTV.

Syaratnya tidak jauh beda dengan penulis skenario lain.

1. Anda mestilah menjadi penulis yang profesional, artinya mampu dan menguasai dalam hal penulisan skenario.

2. Punya wawasan yang luas, ini tidak kalah penting, khususnya wawasan di dunia film.

3. Anda memiliki ide cerita yang bagus dan punya sikap yang jelas terhadap situasi yang terjadi di sekitar anda.

4. Nah, argumen cerita juga mesti bagus, masuk akal. Sebab menurut seorang yang aktif di dunia FTV, argumen cerita biasanyanya menjadi nilai paling penting. Memang sebuah film mesti menitipkan pesan moral, tapi ini nomor dua. Setiap orang bisa jadi memiliki pesan dan kesan tersendiri pada sebuah cerita, termasuk film.

5. Pahamilah, segmen televisi swasta tempat ditayangkannya

6. Punya modal yang kuat. Kemampuan atau bakat awal anda mesti terus diasah.

7. Untuk Bekerja di sebuah tim kreatif dunia skenario film televisi merupakan idaman setiap orang. Namun berapakah honor yang didapatkan untuk sekitar 70 halaman satu skenario FTV?

Berapa honor yang akan diterima untuk 1 naskah skenario?

Menurut beberapa pengalaman teman-teman sih, honor penulis skenario bervariasi. Namun, untuk penulis skenario FTV honornya berkisar Rp 3 juta sampai dengan Rp 6 juta.

Yang membedakan jumlah honor satu naskah skenario satu dengan naskah yang lain adalah unsur ide cerita, proses produksi, kru produksi termasuk sutradara serta waktu produksinya. Kalau naskahnya tidak ribet, membuatnya gampang, itu jelas akan mengurangi ongkos produksi, dan sisanya kan bisa buat honor penulis skenarionya. Soal onor-honor itu tergantung pada hasil negosiasi antara penulis dengan produser.

Kemana saya harus kirim naskah skenario atau sinopsis ceritanya?

Nah, untuk pertanyaan yang satu ini, kalah anda tidak punya koneksi dengan mereka yang memang sudah benar-benar bekerja di FTV, sebaiknya anda menghubungi nomor telepon atau email suatu rumah produksi. Bagaimana cara mendapatkannya? Mudah. Anda lihat saja FTV, biasanya ketika film selesai akan ditampilkan film itu diproduksi oleh siapa, lengkap dengan email atau nomor telepon. Anda tinggal hubungi untuk tanya-tanya. Menurut saya sih, cara ini lebih aman, ketimbang anda mengirim sinopsis atau skenario anda ke orang-orang yang tidak jelas. Kalau ide anda diplagiat kan sayang. 

Temukan juga Ribuan Peluang Menjadi Penulis Freelance

Jadi itu yang bisa saya bagikan berkaitan dengan lowongan penulis naskah skenario FTV. Semoga dapat membantu. Jangan lupa, toleh kanan kiri bawah atas, barangkali ada lowongan penulis yang menarik perhatian anda.