Lowongan Penerbit dan Cara Pembayarannya

No comment 1596 views

Lowongan Naskah Penerbit. Tahukan Anda, bahwa di Indonesia ternyata ada ratusan penerbit. Paling banyak adalah di kota Jogjakarta dan Jakarta. Penerbit-penerbit buku tersebut tentu membutuhkan naskah buku dari para penulis.

Karena itulah Penerbit Selalu Membuka Lowongan Penulis, yaitu bagi siapa saja yang ingin karyanya terbit.

Bagaimana para penulis dibayar? Ada beberapa metode atau cara pembayaran yang digunakan penerbit. Ada yang menggunakan sistem beli putus, sistem kontrak, atau royalty.

Jika penulis memilih sistem beli putus dan penerbit menyetujuinya, maka dalam hal ini penulis menjual naskahnya sekaligus copy rightnya kepada penerbit. Jika naskah buku anda dicetak ulang, atau dilempar ke penerbit lain, anda sudah tidak mendapatkan apa-apa lagi, kecuali penerbit berbaik hati.

Ada juga metode pembayaran dengan sistem sistem kontrak atau apalah namanya. Intinya penulis menjual naskah bukunya dalam waktu sekian tahun sesuai perjanjian. Ketika batas waktu habis, penulis boleh menyerahkan hak penerbitan kepada pihak lain. Biasanya, penulis akan mendapatkan uang dimuka, tanpa dipengaruhi oleh berapa jumlah cetakan buku atau berapa buku yang laku terjual.

Metode yang terakhir dan sering digunakan adalah metode pambayaran dengan sistem royalty. Penulis harus sabar karena penulis baru akan mendapatkan uang setelah bukunya terbit dan terjual. Itu pun tidak setiap bulan. Biasanya setiap  6 bulan sekali atau ada juga yang setahun sekali. Jika menggunakan metode pembayaran ini, maka penulis mesti hati-hati, karena tidak semua penerbit buku jujur dalam melaporkan hasil penjualannya.

Tidak semua penerbit yang rutin membayar para penulis. Maka solusinya adalah, pilihkan penerbit yang bonafit atau sudah teruji. Anda bisa sharing dengan sesama penulis lain. Jika kesulitan untuk itu, anda bisa juga menerbitkan karya sendiri, dengan uang sendiri dan dipasarkan sendiri atau lewat bantuan distributor. Jika ini berhasil maka komisi atau penghasilan anda akan jauh lebih banyak.

Nanti kami akan bagikan bagaimana cara menerbitkan buku sendiri. Gampang kok!