Ketahui Ciri Khas Penerbit Buku Islam Sebelum Kirim Naskah

No comment 4169 views

Penerbit adalah satu bagian yang sulit untuk dipisahkan dari seorang penulis. Meski memang, sekarang banyak penulis yang sudah tidak membutuhkan penerbit lain. Banyak penulis yang mendirikan penerbitan sendiri untuk naskah-naskahnya sendiri. Atau tidak menerbitkannya dalam bentuk cetak, melainkan hanya mempublikasikannya secara online lewat blog atau website pribadinya. Tetapi penerbit buku, bagaimanapun tetap merupakan satu hal yang sulit dipisahkan dari seorang penulis.

Kalau kita mau teliti, mungkin kita akan menemukan ratusan atau bahkan ribuan penerbit yang ada di Indonesia. Jakarta dan Yogyakarta adalah gudangnya penerbit buku. Dari mulai penerbit yang sudah mapan seperti penerbit Bentang, eL-KiS, Diva Press, Resist, Navila, dan lainnya, sampai penerbit yang kecil-kecil yang dulu sempat produktif, meski pada akhirnya kehilangan napasnya. Di antara ratusan atau bahkan ribuan penerbit di Indonesia, kita akan mendapati bahwa masing-masing penerbit punya ciri khas tersendiri kaitannya dengan buku-buku yang diterbitkan. Ada yang memang fokus menerbitkan buku pelajaran, sastra, umum, ada pula penerbit buku Islam yang fokus menerbitkan buku-buku keislaman.

Ketahui Ciri Khas Penerbit Buku Islam Sebelum Kirim Naskah

aliran penerbit buku islam

Dari sekian penerbit yang fokus menerbitkan buku-buku Islam pun punya corak dan ciri masing-masing. Sebab masing-masing penerbit punya visi dan misi penerbitan. EL-KiS misalnya, adalah penerbit yang akrab dengan dunia pesantren, dikelola oleh orang-orang yang kebanyakan punya background pesantren, maka lahirlah buku-buku seputar pesantren, kiai, NU, dan buku-buku Islam sejenis. Mizan, juga senang menerbitkan buku-buku Islam, meski khas buku terbitan Mizan berbeda dengan terbitan El-KiS. Mizan agaknya lebih condong kepada buku-buku yang rada-rada menjurus kepada Syiah, tapi tidak semua dan tidak selalu, dan itu pun dibalut sedemikian rupa agar tidak terkesan syiahnya.

Penerbit buku Islam di Indonesia memang bejibun, karena pasarnya juga cukup mendukung. Ada yang memang konsen menerbitkan buku-buku bergenri Islam, ada pula yang sebatas untuk melayani keinginan pasar. Di antara sekian banyak penerbit buku Islam, ada beberapa yang dianggap menyesatkan.

Sebuah sumber (http://orgawam.wordpress.com/2009/10/04/penerbit-buku-islam-di-indonesia) menyebutkan bebetapa penerbit buku Islam yang patut diwaspadai karena dianggap sesat.

Beberapa penerbit Islam berikut, sebagaimana sumber tersebut, dianggap sebagai penerbit Islam terpercaya. Di antaranya,

Penerbit Pustaka Azzam
Penerbit Darul Haq
Penerbit Darul Falah
Penerbit At-Tibyan
Penerbit Media Hidayah
Penerbit Pustaka Imam Syafi’i
Penerbit Pustaka Ima Bukhari
Penerbit Pustaka Barakah
Penerbit Pustaka al-Furqan
Penerbit Pustaka at-Tauhid
Penerbit Pustaka as-Sunnah
Penerbit Pustaka as-Sofwah
Penerbit Pustaka Arafah
Penerbit Pustaka Bina Umat
Penerbit Elba
Penerbit Najila
Penerbit al-Qowam
Penerbit Maktabah Salafi Press
Penerbit Maktabah adz-Dzahabi
Penerbit Risalah Gusti
Penerbit Darus Sunnah

Mungkin anda pernah membaca dan memiliki buku-buku terbitan penerbit tersebut. Penerbit buku Islam di atas adalah penerbit-penerbit yang relatif kecil, meski beberapa mungkin sudah tumbuh menjadi penerbti besar, seperti Penerbit Pustaka Azzam.

Di bawah ini adalah penerbit buku Islam yang bisa dikatakan besar dan dipercaya oleh banyak penulis dan pembaca. Dipercaya disini maksudnya adalah penulisannya, pengantarnya, hadistnya, dan juga royalty untuk penulisnya. Tetapi ada sebagian orang menganggap bahwa penerbit-penerbit di bawah ini adalah penerbit-penerbit buku islam yang sudah mengandung bid’ah, sesat, bergambar, ada dusta, dan tetek bengek lainnya, sebagaimana link sumber di atas. Soal sesat dan bid’ah atau anggapan miring lainnya, itu tergantung interpretasi dan keluasan wawasan masing-masing orang. Anda juga bisa memberi pendapat tentang penerbit-penerbit buku islam berikut.

Mizan, ElKiS, Lentera (Syi’ah), al-Huda, Serambi, Teraju, Mizan, Paramadina, Pustaka Hidayah, Putra Pelajar, DAR!Mizan, Remaja Rosdakarya, Az Zahra, Pustaka Progressif, Kepustakaan Populer Gramedia (Filsafat)

Yang ini juga dianggap sesat karena tergolong penerbit golongan Hizbiyah. Gema Insani Press, Robbani Press, Syaamil, Era Intermedia, Aqwam

Sementara penerbit islam berikut dianggap sip, dari sisi keshahihan hadist-hadistnya dan lainnya. penerbit tersebut adalah Penerbit Mujahid, Penerbit Cendekia, Pustaka al-Kautsar, Qisthi Press

Berdasarkan sumber lain yaitu di http://forum.nu.or.id/viewtopic.php?f=4&t=1068 beberapa penerbit yang dianggap aman untuk dibaca produknya karena sesuai jalur ahlussunnah Wal Jama’ah di anatarnaya

1. Penerbit Al-Hidayah (Surabaya)
2. Penerbit Sinar Baru Algesindo
3. Penerbit Ampel Mulia (Surabaya)
4. Penerbit Mitra Gayatri (Kediri)
5. Penerbit Toha Putra (Semarang)
6. Penerbit Logung Pustaka
7. Penerbit Menara Kudus (Kudus)
8. Penerbit Pustaka Firdaus
9. Penerbit Darul Hikmah (Jombang)
10. Penerbit Pustaka ‘Azm
11. Penerbit Pustaka Pesantren (Yogyakarta)
12. Penerbit Khalista
13. Penerbit Pustaka Warisan Islam
14. Penerbit Taman Ilmu
15. Penerbit Al Mawardi
16. Penerbit Arti Bumi Intiran
17. Penerbit Al-Miftah (Surabaya)
18. Penerbit Muara Progresif
19. Penerbit Islamuna Press
20. Penerbit Lakpesdam NU
21. Penerbit Pustaka Zawiyah
22. Penerbit Pustaka Amanah (Kendal)
23. Penerbit Ar-Ridha (Semarang)
24. Penerbit Khasanah Intelektual
25. Penerbit PP Takhossus Ilmu Fiqh (Mojokerto)
26. Penerbit LBM/LTN PCNU
27. Penerbit Pustaka Bayan
28. Penerbit Pustaka Sidogiri
29. Penerbit Pustaka Tarbiyah
30. Penerbit Hayat Publishing
31. Penerbit Risalah Gusti
32. Penerbit Cahaya Ilmu
33. Penerbit LTN Kesan (Tuban)
34. Penerbit Abshor (Semarang)
35. Penerbit Cahaya Berkah Sidogiri
36. Penerbit PP Lirboyo (Kediri)

Ituah tadi beberapa penerbit Islam yang ada di Indonesia. Jika anda punya naskah buku Islam, anda tinggal pilih penerbit yang sekiranya cocok untuk naskah anda. Ketahui dulu ciri khas penerbit yang ingin anda kirimi naskah. Kalau naskah anda mati-matian mendukung NU, maka pasti akan ditolak jika dikirim ke Mizan, demikian pula sebaliknya. Jika ingin tahu alamat email dan alamat lengkap penerbit di Indonesia, silahkan lihat Alamat dan Email Penerbit Indonesia Lengkap. Tapi ketimbang pusing-pusing mikirin penerbit, was-was naskahmu ditolak atau diterima, bisa dicoba juga menjalankan roda penerbitan sendiri. Anda bisa menjadi writerpreuner. Silahkan baca artikel Perkiraan Modal dan Keuntungan Menerbitkan Buku Sendiri

Mungkin itu dulu. SIlahkan baca juga posting kami yang lain. – Ketahui Ciri Khas Penerbit Buku Islam Sebelum Kirim Naskah