Jangan Asal Melamar Lowongan Menulis

No comment 825 views

Ini adalah postingan kedua blog lowongan-menulis. Kami tidak terburu-buru untuk memosting informasi seputar lowongan bagi para penulis. Kami tahu, ada banyak sekali lowongan penulis yang bisa langsung dicari di google atau yahoo. Dan anda bisa mencarinya sendiri.

Untuk sementara, kami akan berbagi tips yang penting. Yang benar-benar penting. Khususnya bagi para pencari lowongan penulis.

Dari judulnya tulisan ini saja anda sudah bisa menabak tips apa yang akan kami bagikan. Ya, tentang bagaimana kita mencari pekerjaan menulis yang baik. jadi manusia tidak boleh asal. Kalau mau asal, maka anda bisa jadi akan mendapatkan rupiah, tetapi rupiah yang anda dapatkan tidak sebanding dengan jerih payah yang anda keluarkan. Jadi bacalah tulisan ini sampai tuntas, sebelum anda memutuskan untuk memilih pekerjaan anda.

Yang sekarang sedang tren adalah lowongan jasa penulisan artikel online. Anda mungkin sudah tahu. Lowongan menulis artikel dengan bayaran yang sangat murah beredar di mana-mana. Ada yang menawarkan harga bekisar antara Rp. 2500 – Rp. 10.000/artikel. Kalau anda belum tahu nanti akan saya share di blog ini.

Menurut anda, dengan bayaran segitu kira-kira memadai tidak? Dengan 200 kata sekitar setengah lembar kertas A4 1 spasi font 11 calibri cuma dibayar Rp. 2500 / artikel berbahasa Indonesia. Pada kenyataannya toh banyak yang meminatinya dan mendaftar.

Menurut kami, sebagai pemerhati penulis, jasa sebesar itu sangatlah kecil, sangat tidak sebanding dengan jerih payah kita. Tapi ini juga kembali pada para penulis sendiri, yang masing-masing berbeda antara satu dan yang lainnya. Pembayaran segitu bisa jadi mahal, menyangkut, artikel yang kita buat sekenanya, dan sekali duduk atau bahkan copas sana copas sini. Tapi bagi penulis yang lain, khususnya yang sudah mendekat profesional, uang segitu sangat tidak sebanding. Anda boleh setuju atau tidak, itu terserah.

Tahukah anda, bahwa artikel yang anda tulis itu nantinya akan dimanfaatkan untuk kepentingan perusahaan atau perorangan, yakni untuk menghasilkan pundi-pundi yang jauh lebih besar dari yang anda bayangkan. Jika demikian rugilah kita sebagai penulis.Artikel anda mungkin akan dipasang di blog dan mereka mendapatkan penghasilan dari blog mereka, dollar mengalir terus ke rekening mereka, sementara uang Rp. 2500 anda sudah kandas entah di mana.

Kami tidak bermaksud menyindir siapa pun, dan tidak memaksa siapa pun untuk menerima atau menolak lowongan-lowongan dengan bayaran yang murah itu. Kami cuma berharap penulis dapat dihargai dengan lebih mahal, tentu untuk karya-karya yang baik, untuk bisa menghasilkan karya-karya yang bermutu, dan ini akan berakibat pada pembaca yang budiman.

Sekali lagi, jangan asal menerima atau mengajukan lamaran anda. Teliti dulu, apakah pekerjaan anda sebanding dengan jerih payah anda. Jika tidak, carilah yang lain. Masih banyak lowongan menulis yang lain, yang bisa membayar anda dengan mahal. Atau anda bisa menulis tanpa peduli pada siapapun, dan kemudian menerbitkan buku atau hasil tulisan anda sendiri, dan niscaya anda akan mendapatkan rezeki yang tak kalah besar dari keringan dan keahlian anda.