Lomba Novel, Cerpen, Esai, Naskah Drama By Balai Bahasa

LOMBA ESAI DAN CERPEN

LOMBA PENULISAN ESAI BAGI GURU BAHASA INDONESIA SLTP/SLTA DIY DAN PENULISAN CERPEN BAGI REMAJA DIY 2016

  1. Latar belakang

Menulis merupakan sebuah wujud kreativitas manusia. Ekspresi kreatif tersebut lahir dari akal budi manusia dan menjadi sebuah talenta yang luar biasa bagi siapa pun bila dikembangkan sesuai dengan jalur yang benar. Untuk itu, Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta memberi  kesempatan kepada para guru bahasa Indonesia SLTP/SLTA DIY untuk menunjukkan bakat dan talenta menulis esai. Demikian juga untuk remaja se-DIY diberi kesempatan untuk menunjukkan bakatnya dalam menulis cerita pendek (cerpen). Aktivitas ini menjadi bagian dari apresiasi, rasa cinta, dan bangga kepada budaya bangsa. Karya tulis    kebahasaan dan kesastraan merupakan aktualisasi nilai wujud dari salah satu jati diri bangsa.

Tujuan

Lomba penulisan esai dan cerpen bertujuan (1) membangkitkan minat guru SLTP/SLTA dan remaja terhadap kegiatan berbahasa dan bersastra, khususnya menulis esai dan cerpen; 2) meningkatkan daya cipta dan kreativitas guru dalam penulisan esai dan remaja dalam penulisan cerpen; (3) menumbuhkan sikap positif dan rasa cinta terhadap hasil karya kebahasaan dan kesastraan; dan (4) mengembangkan aktivitas menulis kreatif bagi guru dan remaja.

Peserta

  1. a) Peserta lomba menulis esai adalah guru bahasa Indonesia

SLTP (SMP, MTs) dan SLTA (SMA, SMK, MA).

  1. b) Peserta lomba menulis cerpen adalah remaja (pelajar, mahasiswa S-1, dan umum) berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta dan berusia 13–23 tahun.

Ketentuan Umum

a) Tema esai berkaitan dengan aspek kesastraan, kebahasaan, atau kebudayaan, sedangkan tema cerpen bebas. Karya tulis peserta tidak boleh mengandung unsur SARA dan pornografi.

b) Esai merupakan jenis karangan yang berbeda dengan artikel. Esai lebih bersifat subjektif, mengungkapkan sikap dan sudut pandang penulis terhadap pengamatan atau penyelidikan terhadap sesuatu hal yang dianggap menarik. Substansi penulisan esai meliputi judul, pendahuluan, analisis, dan penutup. Cerpen ditulis sesuai dengan kaidah penulisan cerpen.

c) Karya yang diikutsertakan dalam lomba harus asli (bukan saduran, terjemahan, belum pernah diterbitkan, dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba apa pun).

d) Karangan diketik rapi menggunakan program MS Word, kertas kuarto, huruf Times New Roman 12, spasi 1,5, panjang 8–12 halaman untuk esai dan 6–10 halaman untuk cerpen.

e) Naskah dikirim kepada panitia sebanyak 4 (empat) rangkap dilampiri formulir penyerahan naskah lomba dan pengantar dari kepala sekolah (penulisan esai); dan formulir penyerahan naskah lomba serta fotokopi KTP/KK/Kartu Pelajar/KTM/ surat keterangan lain yang menyatakan bahwa peserta bersekolah/berdomisili di DIY (penulisan cerpen).

f) Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim satu (1) judul karya.

g) Hak cipta penulisan (esai dan cerpen) ada pada penulis, sedangkan hak penerbitan ada pada Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta.

 Pengiriman Naskah

Naskah diserahkan langsung atau dikirim melalui pos kepada

Panitia Lomba Penulisan Esai bagi Guru SLTP/SLTA dan

Cerpen bagi Remaja DIY Tahun 2016 d.a. Balai Bahasa

Daerah Istimewa Yogyakarta

Jalan I Dewa Nyoman Oka 34, Yogyakarta

Kontak person:

Esai: Mulyanto (081243805661) Cerpen: S.A. Ismiyati (085729329660)

Naskah diterima panitia paling lambat tanggal 19 Juli 2016 (esai dan cerpen).

Penilaian

a) Penilaian naskah esai dan cerpen dilakukan dalam dua tahap. Pertama, seleksi untuk menentukan 10 nomine. Kedua, presentasi 10 nomine di depan dewan juri untuk menentukan peringkat pemenang (5 pemenang utama dan 5 pemenang harapan).

b) Penilaian esai meliputi substansi, kebaruan dan kepaduan isi, metode/ teknik penulisan, dan kebahasaan. Penilaian cerpen meliputi aspek tematik dan stilistika.

c) Sepuluh nomine, baik esai maupun cerpen akan diumumkan tanggal 26 Juli 2016 di Balai Bahasa, melalui laman, telepon, dan surat resmi.

  1. d) Presentasi 10 nomine esai dan cerpen dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 Agustus 2016.

 

  1. Hadiah

Pemenang lomba berhak memperoleh hadiah:

1)   Peringkat I                     : Rp2.000.000,00 + tropi

2)   Peringkat II                    : Rp1.750.000,00 + tropi

3)   Peringkat III                   : Rp1.500.000,00 + tropi

4)   Peringkat IV                  : Rp1.000.000,00 + tropi

5)   Peringkat V                   : Rp  750.000,00 + tropi

6)   Peringkat VI–X             : Rp  300.000,00

 

  1. Lain-lain

Naskah yang lolos menjadi nomine dan beberapa naskah pilihan akan diterbitkan dalam antologi (antologi esai dan antologi cerpen).

2 Comments

  1. syifa

Add Comment

Dapatkan Info Lomba Terbaru
Langsung dari Email Anda

Anda berkesempatan mendapat info lomba lebih cepat dan praktis